Alaku
Alaku
Daerah  

AGAMA ADALAH NASEHAT.TERUTAMA YANG INGIN MENJADI PEMIMPIN

Cloud Hosting Indonesia

Di tulis oleh Ust.Agus Alfiansyah.pimpinan pondok,pesantren Al muslimun.Gg.coko/wahana Surya.Desa pasar pedati.kab Bengkulu Tengah.

Rusululloh,S.A.W.Bersabda:
عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْمٍ بْنِ أَوْسٍ الدَّارِي رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ قُلْنَا : لِمَنْ ؟ قَالَ للهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus Ad-Daari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Agama adalah nasihat.” Kami bertanya, “Untuk siapa?” Beliau menjawab, “Bagi Allah, bagi kitab-Nya, bagi rasul-Nya, bagi pemimpin-pemimpin kaum muslimin, serta bagi umat Islam umumnya.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 55].
nasihat untuk yang ingin menjadi pemimpin. menolong mereka dalam kebenaran, mentaati mereka selama mereka mentaati Allah dan Rasulullah, dan selama para pemimpin itu menegakkan hukum-hukum Allah dan Rasul nya. Serta berani mengingatkan para pemimpin jika mereka salah, mengingatkan jika para pemimpin itu lupa,dan memberitahukan hak-hak kaum muslimin serta Mempersatukan hati umat.
Karena pada diri seorang pemimpin, laksana perisai pelindung bagi umat.
الدِّين النَّصِيحَة
“Agama adalah nasehat.”
Kalimat  الدِّين النَّصِيحَة  ” Agama adalah nasihat ” maksudnya adalah tiang atau penopang agama,
Pemimpin yang jauh dari nilai-nilai agama akan jauh dari keadilan.bagaimana ia akan menjadi pemimpin,kalau kepada tuhan nya saja dia tidak mempunyai rasa takut.ketika rasa takut hilang dari diri seorang pemimpin sangat sulit ia akan menjadi orang yang bijaksana.
Nilai-nilai Agama harus nampak secara dzohir bagi orang yang menyiapkan diri nya menjadi seorang pemimpin.
Seorang pemimpin harus lantang mengatakan kejujuran,keadilan,dan kebenaran,dan ia harus Tegas dan lantang kepada nilai-nilai ketidak jujuran,keadilan dan kebenaran.
Pemimpin yang Adil dia akan mendapatkan perlindungan, yang mana pada hari itu tidak ada perlindungan kecuali perlindungan dari Alloh S.W.T dan salah satu nya adalah pemimpin yang ADIL dalam hadits Rosulloh S.A.W bersabda:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ الْإِمَامُ الْعَادِلُ
 Artinya, “Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW, ia bersabda, ‘Ada tujuh kelompok orang yang dinaungi oleh Allah pada hari tiada naungan selain naungan-Nya, yaitu pemimpin yang adil.

Maka pemimpin yang adil dan yang jujur serta berintegritas.layak untuk di pilih.
Maka dari itu sebagai pemilih kita harus mencari tahu,siapa pemimpin yang layak akan kita pilih.
Landasan pertama nya tentu adalah Agama nya,serta ketaatan nya kepada Agama nya.bagaimana amalan keseharian nya,interaksi nya kepada khalayak orang banyak.dan yang paling dekat dengan nya.yaitu keluarga dan tetangga nya.
Kalau,hubungan nya kepada keluarga nya baik dan para tetangga nya baik.maka dia orang di pastikan orang yang baik.

Alloh S.W.T Berfirman.
وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا
Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”(Q.S .Annisa 36.)
Nabi Muhammad S.A.W.bersabda
Dari.Aisyah Radhiyallahu ‘anha meriwayatkan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِي

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik bagi keluarganya. Dan aku orang yang paling baik bagi keluargaku“
Maka kalau ada pemimpin yang baik kepada lingkungan terdekat nya maka pemimpin seperti ini layaklah kita pilih karena dia bisa menyelamatkan dunia dan akhirat kita.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *