Alaku
Alaku
Daerah  

BMKG Bengkulu: Peringatan Cuaca Maritim dan Gelombang Tinggi

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memprediksi kondisi cuaca dan gelombang laut di wilayah perairan Sumatera Barat dan Bengkulu pada 15 Oktober 2024. BMKG memberikan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan.

Menurut prakiraan BMKG, gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2,70 meter diprediksi terjadi di perairan Bengkulu hingga perairan timur Pulau Enggano serta Samudera Hindia barat Bengkulu dan barat Kepulauan Mentawai. Sementara itu, wilayah perairan utara Pulau Siberut diprediksi mengalami gelombang dengan ketinggian 0,50 hingga 2,00 meter. Kondisi ini perlu diwaspadai, terutama oleh para pelaut.

Untuk kondisi cuaca, wilayah perairan Sumatera Barat dan Bengkulu umumnya diperkirakan berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang. Angin diprediksi bertiup dari arah Utara hingga Timur Laut dengan kecepatan antara 1 hingga 16 knots.

BMKG juga memperingatkan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, terutama bagi perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal ferry. Gelombang lebih dari 2,50 meter perlu diwaspadai oleh kapal ferry, sedangkan kapal berukuran besar seperti kargo dan pesiar perlu mewaspadai gelombang yang mencapai lebih dari 4,00 meter.

Dengan demikian, BMKG mengimbau seluruh pihak untuk tetap waspada dan memperhatikan perkembangan cuaca demi keselamatan saat beraktivitas di laut.(Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *