Alaku
Alaku
Daerah  

Dongkrak Produksi Pertanian, Gubernur Bengkulu Serahkan Alsintan untuk Dua Kelompok Tani

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Dalam upaya mendorong kemajuan sektor pertanian, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) kembali memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan).

Penyerahan alat ini dilakukan langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, di lapangan bola Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah, pada Kamis (19/9/2024).

Gubernur Rohidin menegaskan bahwa distribusi Alsintan ini adalah bentuk nyata komitmen pemerintah dalam memajukan pertanian di Bengkulu. Alsintan ini diharapkan mampu mempercepat proses panen dan menekan biaya produksi bagi para petani.

“Penyaluran alat ini adalah salah satu upaya kita untuk mendukung peningkatan hasil pertanian dan mengurangi beban biaya produksi petani,” ujar Rohidin.

Ia juga menekankan pentingnya pemeliharaan alat yang diberikan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan memberikan manfaat yang maksimal bagi para petani.

“Semoga alat-alat ini bisa dipelihara dengan baik, sehingga awet dan bermanfaat bagi kelompok tani yang menerimanya,” tambahnya.

Gubernur Rohidin juga mendorong kerja sama lintas dinas agar terus memperkuat koordinasi dalam merumuskan kebijakan dan langkah strategis untuk memajukan sektor pertanian di Bengkulu.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Kota Bengkulu, Herman Agustin, menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan mesin panen yang diterima.

Menurutnya, mesin tersebut sangat diperlukan oleh para petani di Kelurahan Dusun Besar yang mayoritas berprofesi sebagai petani padi.

“Kami sangat bersyukur mendapatkan bantuan mesin panen ini. Alat ini akan sangat membantu mempercepat pekerjaan dan menghemat biaya serta tenaga,” jelas Herman.

Selain menyerahkan Alsintan, Gubernur Rohidin juga memberikan bantuan seragam sekolah kepada sejumlah siswa di Bengkulu, sebagai bagian dari upaya mendukung pendidikan.

“Saya sangat senang karena mendapatkan seragam Pramuka dari Bapak Gubernur. Seragam ini sangat saya butuhkan,” ungkap Weliapriliani, seorang siswa SMA N 01 Bengkulu Tengah.(Iwan)

Berikut adalah rincian Alsintan yang diserahkan Gubernur Bengkulu:

Kota Bengkulu:

1. Hand Traktor: 7 unit
2. Mesin Pompa Air: 7 unit
3. Hand Sprayer Elektrik: 21 unit
4. Terpal: 32 lembar

Bengkulu Tengah:

1. Hand Traktor: 2 unit
2. Mesin Rumput: 6 unit
3. Hand Sprayer Elektrik: 6 unit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *