Alaku
Alaku

KBP Bengkulu Kumpulkan Data Kamus Dwibahasa Rejang-Indonesia

Tim KBP Bengkulu saat kumpulkan data kamus Bahasa, kemarin (20/2). Foto - Hasnul Kasdi Radar Informasi News.Com
Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu – Kantor Bahasa Provinsi (KBP) Bengkulu, pada tahun ini kembali melakukan pengambilan data bahasa Rejang untuk melengkapi lema Kamus Dwibahasa Rejang yang sudah pernah dicetak beberapa tahun yang lalu. Kegiatan ini merupakan aktivitas penyempurnaan sebuah produk kamus yang sudah ada sebagai bentuk pemutakhiran data dokumentasi bahasa daerah. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan cara untuk mengumpulkan kosakata baru sebagai bahan usulan lema baru untuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Koordinator Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Perkamusan dan Peristilahan KBP Bengkulu Azmi Ridwan Fauzi, S.S., mengatakan bahwa pengambilan data kosakata bahasa Rejang tahun ini dikonsentarikan pada masyarakat Rejang yang tinggal di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Lebong.

“Tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat Rejang secara luas yang ada di seluruh Indonesia, jika ingin menyampaikan kepada kami kosakata baru yang berkemungkinan bisa dijadikan sebagai warga KBBI, akan kami terima.” kata Azmi Ridwan Fauzi, Selasa (21/2).

Selanjutnya disampaikan Azmi bahwa target kosakata yang akan dikumpulkan
untuk dua kabupaten ini berjumlah seribu kosakata.

“Untuk jumlah kosakata yang akan diusulkan sebagai warga KBBI adalah sebanyak mungkin, karena ada peluang untuk bahasa daerah lain di Provinsi Bengkulu, seperti bahasa Bengkulu dan Enggano.” sampai Azmi.

Ditambahkan Azmi, pengambilan data kosakata bahasa Rejang ini juga berkoordinasi dengan Bagian Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Lebong. “Hal ini diharapkan agar kosakata di bidang budaya dan adat-istiadat lebih banyak diserap ke dalam KBBI. Sebagaimana kita ketahui bahwa istilah-istilah yang ada pada kedua ranah ini adalah istilah yang sangat lokalitas dan kemungkinan besar tidak akan ditemukan konsepnya dalam bahasa daerah mana pun.” tambah Azmi.

“Tim yang akan terlibat dalam pegumpulan kosakata bahasa Rejang tahun ini ada ada dua, yaitu Tim Satu untuk wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, terdiri atas Azmi Ridwan Fauzi, S.S., dan M.Yusuf, S.Ag. Sedangkan, Tim Dua yakni Azmi Ridwan Fauzi, S.S., dan Resy Novalia, S.Pd., untuk wilayah Kabupaten Lebong.” demikian Azmi Ridwan Fauzi.(HKS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *