Alaku
Alaku

Momen Hari Nusantara, DKP Gelar Lomba Masak Ikan Piala Gubernur Bengkulu Tahun 2023

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Dalam rangka peringatan Hari Nusantara yang puncaknya tanggal 13 Desember, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu menggelar sejumlah lomba. Seperti lomba masak serba ikan yang diikuti dinas DKP kabupaten/kota. Keluar sebagai juara 1 Dinas DKP Kabupaten Kepahiang dengan masakan serba ikan yang serba inovatif dan kreatif. Atas diraihnya juara 1 DKP Kabupaten Kepahiang berhak mendapat piala bergilir gubernur Bengkulu. Dalam kegiatan lomba serba ikan digelar dihalaman kantor DKP Provinsi Bengkulu di hadiri Gubernur Rohidin Mersyah, Sekda Isnan Fajri, kadis DKP Provinsi Syafriandi, kadis DKP Kabupaten/kota dan OPD Provinsi.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam kata sambutannya menyampaikan peringatan Hari Nusantara tahun 2023, sebagai momen penting bagaimana saat ini semua pihak mulai mengarahkan pandangan ke potensi laut. Baik untuk usaha tangkap maupun budidaya. Pemprov melalui DKP provinsi terus menggerakan berbagai program kelautan dan budidaya air tawar. Pemprov juga membenahi infrastruktur perikanan seperti pembangunan ikan nusantara berskala besar di Kabupaten Seluma. Dan pelabuhan pendaratan ikan (TPI). Pembudidayaan ikan air tawar di sejumlah kabupaten juga digiatkan. Pemprov juga melalui DKP memberi berbagai bantuan untuk nelayan seperti jaring alat tangkap kapal tangkap dan yang lainnya.

Sementara itu Kadis DKP Provinsi Syafriandi menyampaikan dalam rangka Hari Nusantara 2023 DKP Provinsi Bengkulu menggelar berbagai lomba yang berkaitan dengan hasil laut seperti lomba serba ikan yang diikuti dinas DKP se Provinsi Bengkulu. “Selain itu yang terpenting juga DKP sudah bersikap tegas dengan memberlakukan alat tangkap ramah lingkunga, sehingga tidak ada lagi nelayan yang melanggar. Juga pengembangan budidaya ikan air tawar di kabupaten/kota yang bisa membantu perekonomian masyarakat” ujar Syafriandi.

Dalam puncak peringatan Hari Nusantara, Gubernur Rohidin Mersyah didampingi Kadis DKP menyerahkan hadiah dan paket sembako ke pengelola bank sampah Betandang yang mengolah limbah organik dan limbah anorganik rumah tangga. Bank sampah betandang berhasil meraih kemenangan dalam kompetisi clean and gold movement sebagai 10 bang sampah terbaik tingkat nasional yang diadakan oleh PT Pegadaian. Bulan november 2023 bank sampah betandang menerima penghargaan atas kemenangannya dalam kegiatan gathering bank sampah binaan Pegadaian se Indonesia di Kota Padang. Bank sampah betandang mengambil bagian kegiatan bulan cinta laut yang diadakan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selama dua bulan anggota bulan cinta laut bersama nelayan berhasil mengumpulkan 1,6 ton limbah organik dan anorganik, 463 ton diantara sampah tersebut diserap dan dimanfaatkan bank sampah betandang. Usai peringatan hari nusantara kadis dkp dan jajarab membagikab 1,5 ton ikan laut basah pada masyarakat yang hadir. (Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *