Alaku
Alaku
Daerah  

Pemkot Maksimalkan Upaya Pencegahan dan Penanganan Stunting

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Kendati sudah berhasil dalam hal pencegahan agar kasus stunting tidak bertambah di Kota Bengkulu, lantas tidak membuat Pemkot Bengkulu merasa puas dengan pencapaian itu. Pemkot Bengkulu melalui OPD terkait terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan stunting dengan maksimal.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini tidak ada penambahan angka stunting di Kota Bengkulu. Jumlah stunting di Kota Bengkulu tetap di angka 49 dan tidak ada penambahan. Ini membuktikan Pemkot Bengkulu berhasil dalam hal pencegahan dan menekan kasus stunting.

Namun demikian kasus stunting ini masih tetap jadi prioritas Pemkot Bengkulu untuk ditangani agar kasusnya bisa turun. OPD terkait seperti Dinas Kesehatan dan DP3AP2KB masih melakukan upaya-upaya pencegahan.

Seperti disampaikan Kadis Kesehatan Kota Bengkulu Joni Haryadi saat diwawancarai belum lama ini.

“Kita (dinkes) bekerjasama dengan DP3AP2KB dan dinas-dinas terkait lainnya saat ini masih terus melakukan upaya pencegahan stunting. Kita banyak memberikan bantuan bila ditemukan anak yang sudah dinyatakan stunting untuk meningkatkan pertumbuhannya,” jelas Joni.

Kemudian terhadap anak yang sudah stunting, lanjut Joni pihaknya bekerjasama juga dengan BazNas Kota Bengkulu untuk memberikan bantuan susu formula. Selain itu, pihak puskesmas juga berperan aktif memantau perkembangannya serta memberikan obat-obatan dan vitamin.

“Kita juga sudah lakukan pencegahan melalui DP3AP2KB dari mulai anak-anak remaja. Jadi anak-anak putri usia sekolah itu kita cek ke sekolah-sekolahnya apabila ada anak yang kurang darah kita berikan tablet tambah darah. Karena stunting itu biasanya dimulai dari ibu yang kurang darah,” jelas Joni.

Kemudian calon pengantin (catin) juga begitu. Lanjut Joni, Lingkar lengannya tidak boleh kurang dari 24 dan harus sehat. Sebab, Ibu yang sakit juga berpotensi anaknya stunting.(Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *