Alaku
Alaku

Peran Strategis Guru dalam Memotivasi Siswa Menuju Prestasi di Era Kurikulum Merdeka

Cloud Hosting Indonesia

RadarInformasiNews.Com, – Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) memiliki peran penting dalam memotivasi siswa untuk aktif dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hal ini menjadi kunci keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) di sekolah, yang bertujuan agar siswa dapat terus meraih prestasi akademik.

Anggota Komisi X DPR RI, Dr. Hj. Dewi Coryati, menekankan pentingnya peran GTK dalam memotivasi siswa. “Ketika semangat belajar siswa tinggi, prestasi pasti bisa diraih,” ujarnya saat seminar dukungan pendampingan program prioritas GTK dalam mendukung Merdeka Belajar, Selasa, 13 Agustus 2024.

Hj. Dewi Coryati, Selasa (13/8). Foto – Iwan Radar Informasi News.Com

Menurut Dewi, motivasi dari GTK dapat menjadi solusi atas berbagai kendala dalam KBM, seperti kekurangan sarana dan prasarana. “Kendala ini dapat teratasi jika siswa memiliki motivasi tinggi untuk belajar,” jelas Dewi dalam seminar yang diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bengkulu.

Dewi juga menekankan bahwa meskipun dukungan pemerintah belum terlihat hasilnya secara instan, dampaknya akan terasa dalam jangka panjang. Selain itu, dia menambahkan pentingnya menyesuaikan ilmu pengetahuan dengan potensi lokal, seperti memberikan pendidikan di sektor pertanian dan perkebunan di daerah berbasis agraris.

Sementara itu, Kepala BGP Provinsi Bengkulu, Hendra Apriawan, ST, menjelaskan tujuan seminar ini adalah untuk meningkatkan pemahaman GTK tentang konsep Merdeka Belajar, mengembangkan kompetensi, dan mendorong kolaborasi untuk memastikan keberhasilan penerapan KMB. (Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *