Alaku
Alaku
Daerah  

Peringatan Cuaca Maritim Bengkulu : Waspada Gelombang Tinggi dan Angin Kencang pada 22 Agustus 2024

Cloud Hosting Indonesia

Peringatan Cuaca Maritim Bengkulu : Waspada Gelombang Tinggi dan Angin Kencang pada 22 Agustus 2024

Bengkulu, – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca maritim di wilayah Perairan Bengkulu yang berlaku pada 22 Agustus 2024 dari pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Dalam peringatan tersebut, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi gelombang laut dan angin kencang yang dapat membahayakan aktivitas pelayaran.

Gelombang laut diperkirakan mencapai ketinggian 2,00 hingga 2,50 meter di perairan Timur Pulau Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu. Sementara itu, di wilayah Perairan Bengkulu, gelombang dengan ketinggian 1,00 hingga 2,00 meter berpotensi terjadi. Selain itu, angin kencang dengan kecepatan mencapai 18 knot diprediksi melanda wilayah Perairan Bengkulu hingga Enggano.

Cuaca di wilayah perairan Bengkulu secara umum diperkirakan cerah berawan hingga hujan ringan. Angin akan bertiup dari arah tenggara hingga selatan dengan kecepatan 2 hingga 17 knot. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko gelombang sedang di kawasan tersebut.

Pihak BMKG juga mengingatkan para nelayan dan operator kapal untuk memperhatikan keselamatan selama beraktivitas di laut. Ketinggian gelombang lebih dari 1,25 meter dapat membahayakan perahu nelayan, sedangkan kapal tongkang diimbau waspada terhadap gelombang lebih dari 1,50 meter. Kapal ferry dan kapal ukuran besar juga harus memperhatikan potensi gelombang lebih dari 2,50 meter hingga 4,00 meter.

Dengan adanya peringatan ini, diharapkan seluruh pihak yang beraktivitas di laut dapat mengambil langkah-langkah pencegahan demi keselamatan bersama.(Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *