Alaku
Alaku

PKBM Pelita Bangsa Bengkulu, Pimpinan Dahlia Tambajong Setelah Lulus Ada Yang Jadi Kades Hingga Kuliah di Universitas Ternama

Dahlia Tambajong saat didatangi Wartawan Radar Informasi News.Com, Sabtu (18/3). Foto - Hasnul Kasdi Radar Informasi News.Com
Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pelita Bangsa yang beralamatkan di jalan Raden Fatah RT. 11 RW. 02 Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu berdiri pada tahun 2018 yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan untuk jenjang SD, SMP dan SMA dengan sistem Paket A, B dan C yang dipimpin oleh Dahlia Tambajong, S.E. Par., selaku Ketua PKBM.

Dikatakan oleh Dahlia pendidikan kesetaraan ini berbeda dengan pendidikan formal dimana tidak dibatasi usia, selagi masih memiliki semangat untuk belajar masih dapat mengikuti. “Sejak berdiri 2018, lebih dari 600 peserta yang mengikuti pendidikan di PKBM Pelita Bangsa ini dengan peserta yang tertua berumur 60 tahun,” ujar Dahlia yang ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (18/3).

“Lulusan dari PKBM Pelita Bangsa saat ini ada yang menjadi Kepala Desa (Kades), bekerja di perusahaan swasta nasional dan menempuh pendidikan dibeberapa perguruan tinggi, seperti Didi Sudianto yang menjadi Kades Muara Dua Kabupaten Seluma, Hari Arwanto Sekdes Riak Siabun, Nanda Gita Putri kuliah di Universitas Prof. Dr. Hazairin (Unihaz) Bengkulu, Yonis Garnis kuliah di STIT Trisula Bengkulu dan Azka yang menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya, Malang.” Dahlia melanjutkan.

Lebih jauh disampaikan Dahlia yang juga Ketua DPW Himpunan Pimpinan Pendidik Pelatihan & Kewirausahaan Indonesia (HP3KI) Provinsi Bengkulu bahwa di awal pendiriannya PKBM ini di bawah naungan lembaga Pelita Bangsa, kemudian di dalam perjalanan tepatnya di tahun 2020, status lembaga kita naikan menjadi yayasan Pelita Bangsa.

“Saat ini di bawah yayasan Pelita Bangsa kita telah mendirikan PKBM di kabupaten-kabupaten yakni di Kaur ada PKBM Pelita Bangsa Kaur, di Rejang Lebong ada PKBM Pelita Abadi Curup,” sampai Dahlia.

Diungkapkan Dahlia, dengan kehadiran PKBM-PKBM masyarakat putus sekolah itu semakin berkurang. “Kita membantu pemerintah dalam mengentaskan angka putus sekolah di masyarakat,” ucap Dahlia.

“Sebagai pengelola PKBM, mari kita tingkatkan citra dan martabat PKBM di mata masyarakat dengan menunjukkan program-program dari PKBM yang kita kelola,” pungkas Dahlia yang merupakan Ketua DPD FK-PKBM Kota Bengkulu.(HKS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *