Alaku
Alaku
Daerah  

Sifat Amanah Solusi Mencari Pemimpin Umat

Cloud Hosting Indonesia

Di tulis oleh:ust.Agus Alfiansyah.pimpinan pondok pesantren Al Muslimun GG.coko/wahana surya.desa pasar pedati.kab,Bengkulu Tengah.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَخُونُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ وَتَخُونُوٓا۟ أَمَٰنَٰتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ.
Artinya: Hai orang-orang beriman, janganlah dirimu mengkhianati Allah serta Rasul (Muhammad) dan juga janganlah dirimu mengkhianati amanh yang telah dipercayakan pada dirimu, sedang kamu mengetahuinya.

قَالَ الرَّسُوْلُ: لاَ إِيْمَانَ لِمَنْ لاَ أَمَانَةَ لَهُ وَلاَ دِيْنَ لِمَنْ لاَ عَهْدَ لَهُ

Artinya: “Tidak ada iman yang sempurna bagi orang yang tidak memiliki sifat amanah, dan tidak ada agama yang sempurna bagi orang yang tidak menepati janji” (HR. Ahmad).

Pengertian Amanah  Istilah amanah adalah salah satu istilah yang cukup familiar di kalangan umat muslim. Pasalnya memiliki sifat amanah adalah kewajiban bagi seorang muslim. Seseorang yang memiliki sifat amanah adalah sosok yang dapat dipercaya serta memiliki tanggung jawab pada setiap tugas maupun kepercayaan yang diberikan kepada dirinya. Oleh karena itu, setiap muslim dituntut untuk memiliki sifat amanah.
Kata amanah dalam bahasa sehari-hari dapat diartikan sebagai sikap tanggung jawab. Apabila seseorang memiliki tanggung jawab pada setiap tugasnya, maka ia akan dipandang menjadi sosok yang amanah. Demikian pula sebaliknya, apabila ia berperilaku khianat, maka ia dianggap menjadi seseorang yang tidak dapat dipercayai dan tidak dapat dipercaya. Sebagai seorang muslim yang baik,
Ciri dan Jenis-Jenis Amanah:

Seseorang yang memiliki sifat amanah dapat dikenali dengan ciri-ciri yang ia miliki. Beberapa ciri dari orang yang bersikap amanah.

1.tanggung jawab,

1. Kepada diri nya sendiri
2. Orng tua
3. Lingkungan nya. .
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ
وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

2 jujur,

Sesungguhnya jujur itu akan membawa kemuliaan kepada siapa saja yang melakukannya. Sebab, jujur merupakan salah satu sifat yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sepanjang hidupnya.
Alloh SWT berfirman:

یا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًاۙ (٧٠) يُّصْلِحْ لَكُمْ اَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْۗ وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar. niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (Qs. Al-Ahzab: 70-71).

3.menepati janjinya,
وَالَّذِيْنَ هُمْ لِاَمٰنٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُوْنَۙ
  (Sungguh beruntung pula)
orang-orang yang memelihara amanat dan janji mereka.

4.tegas apabila sering diberikan kepercayaan untuk menjalankan suatu tugas bahkan tugas yg tidak biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *