Alaku
Alaku

KPU Provinsi Bengkulu Terima Pendaftaran Rohidin – Meriani, Sebelumnya Ada Helmi – Mian

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Rusman Sudarsono, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima berkas administrasi Bakal Calon (Bacalon) Gubernur Bengkulu pada hari terakhir masa penyerahan berkas, Kamis (29/8), dimana ada Bakal Paslon Rohidin – Meriani yang mendaftar dihari terakhir dan sebelumnya ada Helmi – Mian untuk Pilkada Provinsi. Penyerahan ini menandai dimulainya proses verifikasi administrasi yang akan berlangsung hingga 4 September mendatang.

“Kami diberi waktu untuk melakukan verifikasi administrasi mulai 29 Agustus pukul 15.00 hingga 4 September. Proses verifikasi ini akan dilakukan oleh tim yang telah kami bentuk, terdiri dari beberapa unsur yang kompeten,” ujar Rusman Sudarsono dalam keterangannya usai menerima berkas.

Selain itu, Rusman juga menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada Bacalon lain yang mendaftar setelah penyerahan berkas terakhir ini. Meski demikian, KPU Provinsi Bengkulu tetap akan menunggu sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yaitu hingga pukul 23.59 WIB.

“Kami masih menunggu jika ada Bacalon lain yang ingin mendaftar. Pendaftaran akan tetap kami buka hingga waktu yang telah ditentukan, yaitu pukul 23.59 WIB,” tambahnya.

Di sisi lain, Rusman Sudarsono juga mengonfirmasi terkait potensi adanya Bacalon, baik di tingkat Provinsi, kota, maupun kabupaten yang akan melawan kotak kosong. Ia menegaskan bahwa sesuai dengan undang-undang, hal tersebut sah untuk dilakukan.

“Jika ada Bacalon yang melawan kotak kosong, itu sah sesuai undang-undang. Proses pencalonan akan tetap dilanjutkan seperti biasanya,” tegasnya.

Rusman juga menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan administrasi akan diumumkan kepada pasangan calon pada tanggal 14 September mendatang. Hal ini merupakan bagian dari tahapan yang telah ditentukan dalam proses Pemilihan Gubernur Bengkulu.

Dengan selesainya penyerahan berkas administrasi, KPU Provinsi Bengkulu kini memasuki tahapan verifikasi yang menjadi salah satu langkah penting dalam memastikan kelayakan Bacalon yang akan bertarung pada Pemilihan Gubernur mendatang.(Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *