Alaku
Alaku
Daerah  

Ini Prakiraan Cuaca Bengkulu Hari Ini Dari BMKG

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu telah merilis prakiraan cuaca maritim dan daratan untuk wilayah Sumatera Barat dan Bengkulu pada 12 Oktober 2024. BMKG memperingatkan potensi gelombang laut tinggi dan kondisi cuaca yang perlu diwaspadai oleh masyarakat, khususnya para pelaut.

Peringatan Dini Gelombang Laut

BMKG menyampaikan peringatan dini terhadap gelombang laut yang diperkirakan mencapai ketinggian hingga 2,20 meter. Potensi gelombang tinggi ini diprediksi terjadi di perairan utara Pulau Siberut dan perairan Bengkulu. Gelombang di wilayah perairan Sumatera Barat hingga timur Kepulauan Mentawai juga diperkirakan berkisar antara 0,10 hingga 1,20 meter, sedangkan di perairan barat Mentawai dan Samudra Hindia, gelombang dapat mencapai 2,50 meter.

Kondisi Cuaca dan Angin

Kondisi cuaca di wilayah maritim pada 12 Oktober 2024 diperkirakan berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang. Angin akan bertiup dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan mencapai 19 knots. BMKG juga mengingatkan bahwa gelombang tinggi berisiko terhadap keselamatan pelayaran, terutama bagi perahu nelayan, kapal tongkang, ferry, dan kapal besar.

Prakiraan Cuaca Wilayah Bengkulu

Untuk wilayah daratan Bengkulu, cuaca diperkirakan cerah berawan pada pagi hari. Namun, pada siang hingga sore hari, beberapa wilayah seperti Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, hingga Kaur berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Suhu udara di wilayah ini berkisar antara 18 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara mencapai 100%.

Peringatan Cuaca Ekstrem

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah, termasuk Mukomuko, Bengkulu Utara, dan Rejang Lebong. Masyarakat diharapkan tetap waspada dan memperhatikan keselamatan saat berada di luar ruangan.(Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *