Alaku
Alaku
Daerah  

Tak Takut Ancaman Buaya, Warga Tanjung Jaya Mulai Mencari Lokan di Aliran Sungai Bentiring

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Sejak beberapa hari terakhir, sungai bentiring kota Bengkulu dipenuhi oleh warga sekitar yang mencari lokan di dalam dasar sungai.

Aliran sungai bentiring yang melintasi wilayah kelurahan Tanjung Agung dan Tanjung Jaya sangat dimanfaatkan warga sekitar saat musim kemarau untuk mencari lokan.

Keterangan Ketua RT 1 Kelurahan Tanjung Jaya Hikma Juwita, warga yang mulai mencari lokan di aliran Sungai Bentiring tersebut sudah terjadi sejak puluhan tahun dan rutin dilakukan warga Tanjung Jaya.

“Sudah sejak puluhan tahun lalu kegiatan mencari lokan ini oleh warga Tanjung Jaya dan sekitarnya saat sungai sedang surut. Ini kami lakukan saat musim tertentu” kata Hikma

Lokan yang ada di sepanjang aliran Sungai Bentiring hingga Tanjung Agung tersebut merupakan lokan kerang musiman yang dimana ada bulan tertentu terdapat keberadaanya.

Sehingga, masyarakat sekitar yang ingin mencari lokan ini tidak bisa setiap hari seperti sungai sungai yang lainya.

“Dia tertentu tidak setiap hari ada lokan ini” tambah Hikma

Lanjut Hikma saat disinggung mengenai adanya buaya di aliran sungai tersebut, dirinya mengklaim selama tak mengusik habitatnya konflik buaya dan warga tak akan terjadi.

“Masyarakat sekitar sama yakin bahwa selama kita menjaga sikap dan tidak mengganggu mereka merekapun tidak mengusik kita walaupun habitat mereka di sungai seperti ini” beber Hikma

Untuk diketahui, pada tahun 2013an lalu keberadaan buaya berukuran besar sedang berjemur di pinggiran sungai bentiring sempat menghebohkan masyarakat Bengkulu.

Hanya saja, hingga sampai saat ini keberadaan buaya tersebut seolah hilang dan tak pernah terlihat lagi.(Tedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *