Alaku
Alaku
Daerah  

Cerita Dibalik Meriahnya Pembukaan Tabut 2024, Ternyata Ada Momen Haru Gubernur Bengkulu Saat Lepas Rombongan KKT Ritual Ambil Tanah

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Festival Tabut Provinsi Bengkulu yang sudah ditunggu-tunggu, resmi ditabuh dan dibuka oleh Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah, dengan mengusung tema “Keramaian Asli Bengkulu dan Go Green”, pada Sabtu Malam, 06 Juli 2024 telah dilaksanakan dengan meriah.

Namun ada yang menarik saat pembukaan tabut 2024 dimana momen haru Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah, ketika turun dari panggung utama usai melakukan sesi pemukulan dhol. Gubernur Rohidin terlihat terharu, sedih dan mengusap mata melepas Rombongan Komunitas Kerukunan Tabut (KKT) melakukan rangkaian ritual Tabut mengambik tanah.

Pembukaan festival tabut 2024 terpusat di sepanjang kawasan lapangan Merdeka depan Balai Raya Semarak Rumah dinas Gubernur Provinsi Bengkulu. Dihadiri ribuan warga dan wisatawan yang sedang menghabiskan libur akhir pekan di Kota Bengkulu.

“Pada pembukaan Tabut 2024, ini kita akan turut mendorong agar festival yang diselenggarakan di daerah seperti, festival gurita di Kaur bisa lebih meriah lagi,” ungkap Rohidin Mersyah saat membuka Festival Tabut malam itu.

Rohidin Mersyah juga mengajak masyarakat Provinsi Bengkulu untuk memeriahkan festival Tabut 2024.

Diketahui, Festival Tabut yang menjadi kharisma Event Nasional (KEN) Pariwisata 2024, 6 – 16 Juli 2024 tersebut.

“Mari kita ramaikan Tabut 2024, sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya Provinsi Bengkulu,” ujar Rohidin Mersyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar menerangkan, bahwa festival Tabut 2024 diikuti 120 sanggar seni se Provinsi Bengkulu serta 400 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Tabut tahun ini, (2024, red) diikuti 120 sanggar seni dan 400 UMKM,” terang Murlin Hanizar.

Murlin mengharapkan, bahwa festival Tabut 2024 dapat diberikan kelancaran serta semakin mengangkat adat dan budaya Provinsi Bengkulu

“Semoga Tabut tahun ini (2024,red) diberikan kelancaran,” ujar Murlin Hanizar

Murlin juga mengatakan, bahwa pada penutupan Tabut 16 Juli mendatang akan dihadiri Menteri Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

“Pada jelang penutupan Insya Allah akan dihadiri Kemenparekraf RI, Sandiaga Uno,” ungkap Murlin Hanizar.

Diketahui pembukaan Festival Tabut dihadiri, Staf Khusus Menko Marves , Okto Irianto, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla. yang merupakan putra asli Provinsi Bengkulu, perwakilan Provinsi Jambi, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri serta OPD dan Forkopimda.(Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *