Alaku
Alaku
Daerah  

Waspada Gelombang Tinggi dan Perubahan Angin di Perairan Bengkulu pada 30 Agustus 2024

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengeluarkan prakiraan cuaca maritim untuk wilayah perairan Bengkulu pada Jumat, 30 Agustus 2024. Berdasarkan prakiraan tersebut, masyarakat dan para pelaut diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Menurut BMKG, cuaca di perairan Bengkulu secara umum diperkirakan akan mengalami hujan ringan hingga sedang, dengan angin yang bertiup dari arah tenggara hingga selatan. Kecepatan angin diperkirakan akan bervariasi antara 2 hingga 19 knot, dengan potensi peningkatan hingga 15 knot atau lebih di wilayah perairan Bengkulu dan timur Enggano.

Selain itu, BMKG juga memperingatkan adanya potensi gelombang laut dengan ketinggian antara 1,00 hingga 2,00 meter di perairan Bengkulu. Di wilayah perairan timur Pulau Enggano dan Samudra Hindia Barat Bengkulu, gelombang laut diperkirakan bisa mencapai ketinggian 2,70 meter.

BMKG juga memberikan informasi terkait pasang surut air laut di Pelabuhan Pulau Baai pada hari yang sama. Pasang diperkirakan mencapai ketinggian 0,7 meter pada pukul 14:00 WIB, sementara surut diperkirakan mencapai 0,5 meter pada pukul 09:00 WIB.

Mengingat kondisi ini, BMKG mengimbau para nelayan, operator kapal tongkang, ferry, dan kapal kargo besar untuk lebih berhati-hati saat berlayar, terutama dengan risiko gelombang tinggi yang dapat mencapai lebih dari 4,00 meter.

Masyarakat diharapkan tetap waspada dan memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan aktivitas di perairan.(Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *