Alaku
Alaku

Bukan Pulau Baai, Ini Pelabuhan Dermaga Bengkulu Pertama

Pantai Batu Tahu yang berlokasi di sekitar kawasan Tapak Paderi, Minggu (17/9). Foto - Tedi Suryadi Radar Informasi News.Com
Cloud Hosting Indonesia

Penulis Jurnalis Radar Informasi News.Com – Tedi Suryadi

Bengkulu, – Pantai Tapak Paderi yang berada di kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu memiliki cerita sejarah tentang perekonomian kelautan di Provinsi Bengkulu pertama pada zaman penjajahan Inggris dahulu.

Dari berbagai sumber internet menyebutkan, Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffless pada waktu itu yang membangun benteng pertahanan dengan nama “Benteng Marlboròugh” di wilayah pesisir Tapak Paderi menjadikan wilayah pesisir pantai Tapak Paderi sebagai penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu.

Karenanya, Pantai Tapak Paderi yang berjarak 100 meter dari benteng pertahanan inggris membuat pemerintah inggris maupun tentara Inggris menjadikan wilayah Tapak Paderi sebagai dermaga pertama di Bengkulu.

Dalam perjalanan waktu, dermaga pelabuhan Tapak Paderi yang menjadi dermaga pertama di Bengkulu ini akhirnya lambat laun terkikis ombak dan berubah menjadi tempat wisata pada era modern saat ini.

Pada era modern saat ini, Masyarakat hanya mengenal pantai Tapak Paderi sebagai sebuah pantai dengan panorama alam yang indah serta eksotis.

Tak ayal, jika pantai Tapak Paderi saat ini lebih dikenal dengan destinasi Wisata yang bagus pada era modern dan menjadi tempat orang berkunjung melihat pemandangan “SUNSET”.

Lebih jauh, pada era modern sekarang Pemerintah Provinsi Bengkulu memusatkan pelabuhan Provinsi Bengkulu berada di kawasan Pulau Baai Kota Bengkulu.

Sehingga, perekonomian di sektor kelautan Provinsi Bengkulu era modern sekarang di pusatkan di pelabuhan pulau baai Bengkulu. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *