Alaku
Alaku

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Sadar Wisata di Bengkulu

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu, – Pariwisata menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi besar dalam menggerakkan perekonomian suatu daerah.
Untuk itu, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Anggota Komisi X DPR RI Hj. Dewi Coryati menggelar sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Pelayanan Prima di Kota Bengkulu.
Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pariwisata serta pelayanan yang prima dalam upaya memajukan sektor pariwisata di Bengkulu.
Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, mulai dari para pelaku usaha pariwisata, pengelola destinasi wisata, hingga masyarakat umum.
Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati mengungkapkan, pentingnya peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata. Terutama untuk pemasaran, menjaga kebersihan, keamanan, dan keramahan kepada wisatawan. Oleh karena itu juga diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, pariwisata Bengkulu dapat berkembang lebih pesatpesat. Dengan itu bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang banyak dan cepat.
“Gerakan Sadar Wisata dan Pelayanan Prima merupakan program yang bertujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat dalam melayani wisatawan. Terlebih jika melihat potensi cukup banyak yang bisa dikembangkan. Oleh karena itu diharapkan masyarakat lebih banyak lagi memasarkan, peduli terhadap kebersihan, lebih ramah dalam memberikan pelayanan, serta memahami budaya lokal untuk memperkaya pengalaman wisatawan yang berkunjung. Target akhir mendatangkan PAD,” ujar Dewi.
Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu ini melihat kesadaran masyarakat akan pentingnya pariwisata. Bahkan juga ada pengelola yang terkesan kurang memahami sadar wisata. Untuk itu kembali diingatkan akan pentingnya kolaborasi bersama-sama.
“Peran bersama-sama itu pertama dibentuknya kelompok sadar wisata (pokdarwis). Kedua kesadaran dari pengelola wisatanya,” ajak Dewi.
Dalam acara tersebut juga dilakukan pelatihan bagi para pelaku usaha pariwisata dan masyarakat umum, mengenai cara meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan.
Dimana untuk pemateri diisi dengan berbagai materi, mulai dari manajemen destinasi wisata, promosi pariwisata, hingga kebersihan dan keramahan dalam melayani wisatawan.(Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *