Alaku
Alaku

Danrem 041/Gamas Resmi Tutup TMMD Reg Ke-114 Kodim 0423/BU, Rakyat Senang

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu – Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo M.Tr (Han) sebagai PKP TMMD Reg ke-114 dengan resmi menutup TMMD Reg Ke – 114 Kodim 0423/BU di Desa Suka Mulya Kec.Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara. Rabu (24/8/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-114 Kodim 0423/BU di Desa Suka Mulya, Kecamatan Giri Mulya Kab. Bengkulu Utara TA. 2022 berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

Pelaksanaan upacara penutupan TMMD Reg Ke – 114 diseluruh wilayah tersebar dilaksanakan secara serentak pada tanggal 24 Agustus 2022 pukul 09.00 wib yang mengacu pada STR Kasad nomor: STR / 18 /2022.

Dalam upacara penutupan ini secara serentak ada juga dilaksanakan terpusat seperti halnya Kasad selaku PJO melaksanakan upacara di Desa Panca Jaya Kec. Muara Kaman Kab. Kutai Kartanegara Prov. Kalimantan Timur, sedangkan Wakasad selaku Pati lakhar PJO TMMD Reg Ke – 114 menjadi Irup pelaksanaan upacara penutupan TMMD di Desa Danau Ganting Kec. Dusun Selatan Kab. Barito Selatan Prov. Kalimantan Tengah. Untuk upacara penutupan TMMD di wilayah lainnya yang menjadi Irup para Pangdam selaku PKO TMMD atau pejabat TNI yang ditunjuk.

Adapun Tema adalah
” TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI “
Dalam rangkaian Penutupan TMMD Ke-114 ini dibagi menjadi dua pokok – pokok kegiatan yaitu Pelaksanaan upacara penutupan TMMD dan Peninjauan kegiatan Baksos TNI yang terdiri dari Pengobatan Massal, Bazar / Pasar Murah, Pembagian Sembako serta kegiatan lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo M.Tr (Han), Komandan upacara Kapten Inf Sarifudin
Danramil 423-05/Kerkap
dan Perwira upacara Kapten Arh Bely Apriansyah Danramil 423-04/PH
Adapun susunan acara pada uoacara ini dibagi dua bagian yakni Acara Pokok dan Acara Tambahan. Acara pokok sebagai berikut: Komandan upacara memasuki lapangan upacara, Laporan perwira upacara kepada inspektur upacara, Irup tiba dimimbar upacara, Penghormatan pasukan kepada inspektur upacara, Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dilanjutkan pemeriksaan pasukan, Penandatanganan Naskah berita Acara Serah Terima TMMD Reg Ke-114.TA.2022, Penanggalan tanda peserta dan pengembalian alat kerja TMMD Reg Ke-114.TA.2022 oleh inspektur upacara, Amanat inspektur upacara dilanjutkan penutupan TMMD Reg Ke-114 TA. 2022, Tamu undangan dimohon berdiri. Andhika bhayangkari, Tamu undangan dipersilahkan duduk kembali, Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, Penghormatan pasukan kepada inspektur upacara, Pembacaan doa, Inspektur upacara meninggalkan lapangan upacara dan upacara selesai pasukan dapat di istirahatkan.
Acara tambahan Penyerahan Sembako kepada masyarakat dan foto bersama.

Dalam sambutan Kasad selaku PJO yang dibacakan oleh Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr (Han) sebagai PKP TMMD Reg ke-114
menyampaikan beberapa hal yaitu Kegiatan upacara penutupan TMMD Reg ke-114 TA. 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta Kemanunggalan antara TNI dan Rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, ucapan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiel sehingga kegiatan TMMD ke-114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar., Program TNI Manunggal Membangun Desa ini dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa ( AMD) , setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesasn, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Pada program TMMD Reg Ke – 114 tahun 2022 yang dilaksanakan diwilayah Korem 041/Gamas telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya Pembukaan dan pelebaran badan jalan dengan panjang 4,3 Km lebar jalan 6 M, Pembuatan Jembatan 1 unit, Pembuatan gorong-gorong 3 unit, Pembuatan tugu TMMD 1 unit, Pembuatan Poskamling 1 unit, Rehab Mushola 1 unit, Rehab Posyandu 1 unit dan Pembersihan lapangan Bola Kaki 1 unit serta tambahan lainnya berupa Pembuatan Sumur Bor.

Pencapaian program sasaran fisik diatas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat yaitu Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan , Penyuluhan tentang Bela Negara, Penyuluhan tentang Pertanian, Penyuluhan tentang Hukum, Penyuluhan tentang Kamtibmas, Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba, Penyuluhan tentang Kerukunan Antar Umat Beragama, Penyuluhan tentang Posyandu, Penyuluhan tentang Posbindu PTM, Sosialisasi tentang Stunting, Pelayanan KB Kesehatan dan Vaksinasi Covid 19 serta Pemutaran Film Perjuangan.

Dan semuanya sasaran ini baik Fisik dan Non Fisik sesuai rencana yang dibuat sudah mencapai 100 % dapat terselesaikan tepat waktu

Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh Jiwa dan Semangat Nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, Ketahanan Pangan dan penanganan Kesehatan.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kasad menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini terdapat tutur kata , sikap dan tingkah laku para prajurit saya yang tidak berkenan dihati masyarakat baik disengaja maupun tidak disengaja.

Dalam kesempatan ini Kasad menyampaikan beberapa atensi dan harapan sebagai tindaklanjut dari program TMMD Reg Ke -114

Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI – Rakyat jangan mudah terhasut dan terprovokasi.

Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Ketiga, pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang

Keempat, kepada para
Dansatgas TMMD Reg Ke, – 114 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang

Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Sekedar mengingatkan bahwa pelaksanaan TMMD Reg Ke-114 dilaksanakan selama satu bulan dan sebelum dilaksanakan upacara penutupan TMMD ini telah dilaksanakan kegiatan wasev dari Sterad yg diketuai Tim Wasev Brigjen TNI Erwin Harivana Suherman Patisus Kasad
Ketua Tim Wasev Sterad ( sebagai PJO) yang bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi Satgas TMMD, dengan harapan agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien juga membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat Kemanunggalan TNI-Rakyat,”.

Pada kesempatan ini juga Danrem 041/Gamas menyampaikan beberapa hal yaitu pengecekan dengan menanyakan kepada Sekda, Kajari, PU, Anggota Dewan, Polres dan yang paling utama dari Konsultan yang mengatakan bahwa semuanya yang sudah dilaksanakan sudah mencapai 100 %, dan Danrem bertanya kepada masyarakat yang tinggal dekat sasaran TMMD benar nggak 100 % kalau benar angkat tangan dan salah satu warga menjawab benar sudah 100 %, Karena apa yang dilakukan TNI tidak hanya versi TNI saja kita berharap versi semua lapisan, kalau itu semua dikatakan 100 % secara fisik dan non fisik harus sesuai itu, sesuai aturan nya sesuai dasar ilmunya sehingga apa yang dilakukan benar-benar nyata dan dapat dilihat secara logika sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.
Ucapan terimakasih sekali lagi kepada para TNI, Polisi, Satpol PP, Dishub, Linmas, Masyarakat, ibu-ibu, para Mahasiswa, Siswa dan adek adek yang masih SMP dan SMA ini, Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kalau ada yang kurang pas saya mewakili prajurit saya, saya minta maaf.

Selesai melaksanakan acara pokok upacara penutupan TMMD dilaksanakan Penyerahan Sembako kepada masyarakat dan Foto bersama, peninjauan Baksos mulai dari Pengobatan massal, Bazar / Pasar Murah dan
selanjutnya Danrem 041/Gamas beserta rombongan langsung menyusuri jalan meninjau langsung sasaran Fisik yang sudah selesai dikerjakan.

Dengan terselesaikan nya TMMD ini dengan tepat waktu pekerjaan ini pun takluput dari dukungan serta bantuan masyarakat sekitar secara gotong-royong dan bahu membahu bersama Tim Satgas TMMD Reg ke – 114.

Turut hadir dalam kegiatan upacara penutupan TMMD Reg Ke – 114 Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr (Han), Kasi Ter Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Arif Dipayana. S.I.P., M.M , Bupati Bengkulu Utara diwakili Sekda Kab. BU Dr. Haryadi, S. Pd., M. M., M. Si, Kajari Argamakmur Pradana Probo Setyarjo, S.E., S. H., M. H., Dandim 0423/BU Letkol Inf Made Mahardika, S.H.M.IP, Kapolres BU AKBP Andy Pramudya, S. I. K., M. M, Ketua DPRD diwakili Hotman Sihombing, Kadis PUPR Kab. BU Heru Susanto, S. T, Camat Kec Giri Mulya dan Kepala Desa Suka Mulya.(09)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *