Alaku
Alaku

Dinsos Usulkan Tiga Nama Pahlawan Nasional

Kepala Dinas Sosial Efredy Gunawan,S.STP.M.Si mengusulkan nama tiga nama menjadi nama pahlawan
Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu Selatan,-  Untuk mendapatkan gelar pahlawan Nasional. Pemerintah Daerah telah membentuk Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah(TP2DG) melalui Dinas Sosial usulkan tiga nama pahlawan Nasional kepada Dinas Sosial Provinsi melalui YP2DG Provinsi yang nantinya akan dikirim usulan tersebut ke Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Sosial Efredy Gunawan SSTP.M.Si menyampaikan melalui surat keputusan Bupati Bengkulu Selatan nomor 800/334/Dinsos.IV/2023 tanggal 2 Agustus kepada Gubernur Bengkulu TP2GD Pemerintah Daerah mengusulkan tiga nama.

“Walaupun dari tiga nama tersebut sudah meninggal dunia,atas nama Almarhum Rahim Damrah,almarhum Hasanudin Damrah,dan almarhum Lettu TNI(Purn)DR.Drs.H.Syamsoeddin,tetapi semua itu membutuhkan proses yang cukup lama,” ungkap Efredy di pendopo rumah dinas Bupati Rabu(16/08).

Pengusulan nama – nama yang bisa diusulkan karena semasa hidupnya merupakan tokoh agama,tokoh adat,tokoh masyarakat yang memiliki jasa terhadap Republik Indonesia yang nantinya bisa diberikan gelar pahlawan nasional.

Selain itu nantinya TP2GD akan melengkapi semua persyaratan untuk mendapatkan gelar tersebut,dengan cara melengkapi data geografi kehidupannya,serta apa – apa saja yang sudah dilakukan untuk Indonesia yang mana dari perbuatan tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang.

“Dari ketiga orang ini sudah kita ketahui mereka merupakan pejuang kemerdekaan,kalau Rahim dan  Hasanudin pejuang pendidikan dan kesehatan,kalau Syamsoeddin merupakan pejuang kemerdekaan,bahkan nama Hasanuddin Damrah dijadikan nama Rumah Sakit di Bengkulu Selatan,” papar Efredy.

Tetapi walaupun sudah diusulkan ke Pemerintah Daerah,yang nantinya diuslkannjuga ke Pemerintah Pusat tetapi dari tiga nama usulan tersebut belum tentu mendapatkan gelar pahlawan nasional karena yang menentukan itu Pemerintah Pusat melihat dari geografi dari nam – nama yang diusulkan.

“Untuk usulan tersebut yang mempunyai kemungkinan besar,mendapatkan gelar pahlawan yaitu Rahim Damrah  dan Hasanuddin Damrah,karena dari buku yang mereka tulis perjuangan mereka untuk Indonesia sudah cukup besar apalagi untuk Bengkulu Selatan,dari buku tersebut beliau pernah mendirikan sekolah,dan rumah sakit,yang nantinya kita harapkan masyarakat bisa mengenang jasa – jasa mereka untuk kemajuan Bangsa dan Negara,”pungkas Efredy.(Iwan/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *