https://radarinformasinews.com/wp-content/uploads/2022/08/42538733-0798-4390-a043-98635d197dee.jpg

Edukasi SPM Untukmu Negeri Bagi Anggota DWP DTPHP Provinsi

  • Bagikan

Bengkulu – Dharma Wanita Persatuan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DWP DTPHP) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bengkulu menggelar kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM) Untukmu Negeri yang diikuti oleh para anggota DWP DTPHP. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula DTPHP jalan Basuki Rahmat, Kota Bengkulu.

Acara SPM Untukmu Negeri ini dibuka langsung oleh Ketua DWP DTPHP Provinsi Bengkulu, Meri Yuliana Ricky Gunarwan, S.Sos., didampingi Ketua STIA Bengkulu Gustini, S.E., M.M.

Dalam sambutan membuka acara, Ketua DWP DTPHP, Meri Yuliana Ricky Gunarwan, S.Sos., mengatakan, “kegiatan seperti ini digelar untuk memberikan edukasi dan informasi kepada para anggota DWP DTPHP mengenai investasi,” kata Meri Yuliana Ricky Gunarwan.

Tampil sebagai pemateri Kepala Perwakilan BEI Bengkulu, Bayu Saputra dan Staf Edukasi Perlindungan Konsumen (EPK), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu, Rahmad Diansyah.

Pemateri pertama perwakilan dari OJK, Rahmad Diansyah mengatakan OJK dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur. “OJK dibentuk supaya mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil serta mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.” ujar Rahmad Diansyah.

“OJK menyediakan kontak 157 dimana untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dan konsumen terkait produk dan layanan di sektor jasa keuangan. Kontak 157 memiliki tiga layanan berupa, layanan pemberian informasi (pertanyaan), layanan penerimaan informasi (laporan), dan layanan pengaduan.” Rahmad Diansyah menambahkan.

Kemudian selaku pemateri kedua, dalam penyampaian materinya, Bayu Saputra mengungkapkan SPM adalah program edukasi dan sosialisasi mengenai pasar modal. “Untuk mengetahui investasi bodong, sederhananya kita cek di 2 L yakni Legal dan Logis. Apabila investasi itu tidak legal, kita bisa cek dikontak OJK di 157, kalau menyangkut perusahaan sekuritas dapat menghubungi BEI atau langsung ke Kantor Perwakilan BEI Bengkulu di jalan Asahan nomor 18. Kami menghimbau kepada masyarakat agar setiap ada penawaran investasi wajib bertanya kepada OJK atau BEI.” ungkap Bayu saat menyampaikan materi di hadapan anggota DWP DTPHP, Jum’at (30/9).

“L yang kedua yakni Logis, dimana kita menghimbau kepada masyarakat jangan gampang tergiur dengan investasi yang mengiming-imingi keuntungan yang sangat tinggi karena investasi itu pada dasarnya butuh proses, butuh waktu dan ada resiko.” lanjut Bayu dalam pemaparan materinya.

Sementara itu Ketua STIA Bengkulu, Gustini, S.E., M.M., menyampaikan kegiatan ini merupakan kolaborasi DWP DTPHP dengan GIBEI STIA Bengkulu. “Edukasi kita hari ini memberikan didikan ilmu kepada pengurus dan anggota DWP DTPHP agar mereka dapat mengerti untuk berinvestasi sebaik mungkin sehingga tidak terpengaruh dengan investasi bodong, dapat membedakan mana yang legal dan ilegal, bijak dalam berinvestasi dan bermain saham.” demikian Gustini.

SPM Untukmu Negeri ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan BEI secara nasional diberbagai Provinsi yang ada di Indonesia.(08/Adv)

Cloud Hosting Indonesia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *