Alaku
Alaku

Danrem 041/Gamas Pimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Cloud Hosting Indonesia

Bengkulu – Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M. Tr. (Han) bertindak sebagai Inspektur upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka HUT ke -77 Kemerdekaan RI bertempat di TMP Balai Buntar Bengkulu, (17/8/2022)

Dengan penuh semangat dan rasa syukur serta haru seluruh unsur Forkopimda provinsi Bengkulu juga para prajurit baik dari pihak TNI, Polri dan Pemda provinsi Bengkulu mengikuti upacara AKRS di TMP Balai Buntar Bengkulu.

Upacara ini dilaksanakan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan pendahulu sebagai kusuma bangsa gugur dimedan juang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sebagai wujud menghargai jasa-jasa pahlawan pendahulu kita sekaligus dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 77 pada malam hari ini dilaksanakan upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Dalam upacara ini bertindak sebagai Irup Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M. Tr. (Han) dan komandan upacara Mayor Arh Asep Sepriadin Pasi Intel Kodim 0407/KB. Adapun rangkaian upacara AKRS ini diawali Laporan perwira upacara kepada Inspektur Upacara, Laporan komandan upacara kepada Irup, Penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh komandan upacara , Pemadaman listrik dilanjutkan dengan penyalaan Obor, PembacaanTeks AKRS oleh Irup, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Irup, Pemadaman Obor dilanjutkan dengan penyalaan listrik, Pembacaan Doa, Penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan dipimpin oleh komandan upacara, Laporan komandan upacara kepada Irup , Irup meninggalkan tempat upacara , pada acara penutup Penandatanganan buku tamu oleh Irup diakhiri dengan laporan perwira upacara kepada Irup.

Dalam upacara Aoel Kehormatan dan Renungan Suci ini Irup membacakan Teks AKRS yang berbunyi bahwa Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan Nusa dan Bangsa, serta Kami Bersumpah dan Berjanji, Perjuangan para pahlawan adalah Perjuangan kami pula dan Jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,”

Perlu diketahui upacara AKRS ini sebelum pelaksanaannya dilakukan geladi upacara pada hari Selasa pukul 07.30 wib yang dihadiri oleh perangkat upacara serta pasukan upacara lainnya bertempat di TMP Balai Buntar Bengkulu.

Kegiatan upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci ( AKRS) ini dihadiri oleh Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr. (Han), Gubernur, Kapolda , Ketua DPRD , Kajati , Kabinda, Ka BNN, Sekda, Wakapolda, Kasrem 041/Gamas, Dandim 0407/KB, Danlanal Bkl, Para Kasi Kasrem , PJU Polda, para Dan/Kadisjan Korem 041/Gamas, para Asisten gubernur prov. Bengkulu,Prajurit TNI dan Polri, Pramuka Saka Wira Kartika serta awak media
(Penrem041)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *